Kamis, 29 April 2010

anak anyut


dulu...ada istilah atw munkin nama panggilan atau munkin gelar...anak anyut*...pak anyut atw munkin ake* anyut.itu dulu..beberapa puluh tahun yg lalu..untuk mendapatkan nama tersebut ada sedikit ritual atw semacamnya dan nama tersebut sudah terselip dinama kita sejak kita masih bayi..

dokter pada waktu itu tak ada..mantri atw perawat juga..nah ini sedikit cerita tentang anak anyut...



dikampung2..setiap yg sakit pengobatanya melalui dukun kampung dengan menggunakan jampi2 atw ritual pengobatan ..konon, bayi yg sering sakit2an dan telah dilakukan pengobatan dan dibekali dengan jimat masih juga sakit maka akan dilakukan ritual nganyut*.ini adalah pengobatan terakhir..dan tidak semua dukun bisa melaksanakannya.

sebelum dilakukan ritual,maka orang tua si bayi harus menyiapkan beberapa syarat umum..seperti mencari orang tua yg nyampah* anak anyut tersebut sekaligus menjadikannya anak angkat..menyiapkan wadah atau perahu utk pelaksanaanya.

ritual ini dilakukan,menurut dukun ahli..bahwa orang tua kandung tersebut tidak mampu atau dianggap tidak cocok menjadi orang tua untuk mengasuh anak/bayi tersebut dan untuk demikelangsungan hidup anak tersebut maka diadakan ritual anyut* tersebut..

anak tersebut dimasuk kan kedalam empalonk* atw perahu dilakukan oleh org tua kandung dengan didampingi dukun tersebut sambil membaca mantra..di hilir sungai orang tua angkat yg siap nyampah* tak jauh dari tempat itu menunggu bayi yang sakit td di hanyutkan..

setelah bayi yang dihanyutkan sampai* dan kemudian di pungut*..dibawa pulang dan dirumah para pemuka masyarakat,pemuka agama dan penduduk kampung sudah siap menunggu untuk diadakan pembacaan do'a dan selamatan atas anak tersebut..

maka sejak itu, gelar tersebut melekat pada anak tersebut sampai tua..!!??


ket:
bahasa melayu sanggau
anyut; dibuang dengan dihanyutkan keair.
ake; kakek.
nganyut:dihanyutkan.
nyampah:mungut..
empalonk:wadah dari plastik atw kaleng tempat mandi orok/bayi.
sampai: nyangkut.



3 komentar:

  1. Begitulah, ada banyak khazanah budaya kita yang mulai pudar dan hilang, maju teros sob... mulai sekarang... dokumentasikan...

    BalasHapus
  2. Bang Jml anak Kanyut ???

    BalasHapus
  3. bkn kok dek...ini cerita org tua jmn dl....klau abg anak anyut,nama abg jd jml anyut donk....kwkwkwkkw

    BalasHapus

Maksih buat yang udah sudi mampir, koment yach...